BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS »

Sabtu, 13 Juni 2009

Jenis-Jenis Virus Komputer

Jenis-Jenis Virus Komputer
Oktober 22, 2007 oleh cybernov4


Berikut ini akan dibahas jenis-jenis virus yang penulis simpulkandari berbagai sumber, baik sumber pustaka maupun sumber dari
internet.
Berdasarkan Teknik Pembuatannya
3 File Allocation Table, adalah tabel di media penyimpanan yang menangani pengalokasian tempat dari setiap file.


· Virus yang Dibuat dengan Compiler
Adalah virus yang dapat dieksekusi karena merupakan virus yangtelah di compile sehingga menjadi dapat dieksekusi langsung. Virusjenis ini adalah virus yang pertama kali muncul di dunia komputer, dansampai sekarang terus berkembang pesat.Biasanya virus jenis ini dibuat dengan bahasa pemrogramantingkat rendah yang disebut dengan assembler, karena denganmenggunakan assembler program yang dihasilkan lebih kecil dancepat, sehingga sangat cocok untuk membuat virus. Tetapi tidaktertutup kemungkinan untuk membuat virus dengan menggunakanbahasa pemrograman lainnya seperti C dan Pascal baik dilingkunganDOS maupun Windows .Mungkin virus jenis ini adalah virus yang paling sulit untuk dibuattetapi karena dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman danberbentuk bahasa mesin maka keunggulan dari virus ini adalahmampu melakukan hampir seluruh manipulasi yang mana hal ini tidakselalu dapat dilakukan oleh virus jenis lain karena lebih terbatas.


· Virus Macro
Banyak orang salah kaprah dengan jenis virus ini, merekamenganggap bahwa virus Macro adalah virus yang terdapat padaprogram Microsoft Word. Memang hampir seluruh virus Macro yangditemui merupakan virus Microsoft Word. Sebenarnya virus Macroadalah virus yang memanfaatkan fasilitas pemrograman modular padasuatu program aplikasi tertentu seperti Microsoft Word, MicrosoftExcel, Microsoft PowePoint, Corel WordPerfect, dan sebagainya.Tujuan dari fasilitas pemrograman modular ini adalah untukmemberikan suatu kemudahan serta membuat jalan pintas bagiaplikasi tersebut. Sayangnya fungsi ini dimanfaatkan oleh pembuat virus untuk membuat virus didalam aplikasi tersebut.Walaupun virus ini terdapat didalam aplikasi tertentu tetapi bahayayang ditimbulkan tidak kalah berbahanya dari virus-virus yang lain.


· Virus Script/Batch
Pada awalnya virus ini lebih dikenal dengan virus batch karenadulu terdapat pada file batch yang terdapat pada DOS, sekarang halini telah berganti menjadi script. Virus script biasanya sering didapatdari Internet karena kelebihannya yang fleksibel dan bisa berjalanpada saat kita bermain internet, virus jenis ini biasanya menumpangpada file HTML (Hype Text Markup Language) dibuat denganmenggunakan fasilitas script seperti Javascript, VBscript,4 maupungabungan antara script yang mengaktifkan program Active-X dariMicrosoft Internet Explorer.
Berdasarkan Infeksi yang Dilakukan


· Virus Boot Sector
Virus Boot Sector adalah virus yang memanfaatkan gerbanghubungan antara komputer dan media penyimpan sebagai tempatuntuk menularkan virus. Apabila pada boot sector terdapat suatuprogram yang mampu menyebarkan diri dan mampu tinggal di memoryselama komputer bekerja, maka program tersebut dapat disebut virus.Virus boot sector terbagi dua yaitu virus yang menyerang disket danvirus yang menyerang disket dan tabel partisi.


· Virus File
Virus file merupakan virus yang memafaatkan suatu file yangdapat diproses langsung pada editor DOS, seperti file berekstensi4 Javascript dan VBscript adalah script dari file HTML yang mengambil dasar dari bahasapemrograman Java dan Visual Basic COM, EXE, beberapa file overlay, dan file BATCH. Virus umumnyatidak memiliki kemampuan untuk menyerang di semua file tersebut.Virus file juga dikelompokkan berdasarkan dapat atau tidaknya tinggadi memory.


· Virus System
Virus sistem merupakan virus yang memanfaatkan file-file yangdipakai untuk membuat suatu sistem komputer. Contohnya adalah filedengan berekstensi SYS, file IBMBIO.COM, IBMDOS.COM, atauCOMMAND.COM.


· Virus Hybrid
Virus ini merupakan virus yang mempunyai dua kemampuanbiasanya dapat masuk ke boot sector dan juga dapat masuk ke file.Salah satu contoh virus ini adalah virus Mystic yang dibuat diIndonesia.


· Virus Registry Windows
Virus ini menginfeksi operating system yang menggunakanWindows 95/98/NT biasanya akan mengadakan infeksi dan manipulasipada bagian registry Windows sebab registry adalah tempatmenampung seluruh informasi komputer baik hardware maupunsoftware. Sehingga setiap kali kita menjalankan Windows maka virusakan dijalankan oleh registry tersebut.


· Virus Program Aplikasi
Virus ini merupakan virus Macro, menginfeksi pada data suatuprogram aplikasi tertentu. Virus ini baru akan beraksi apabila kitamenjalankan program aplikasi tersebut dan membuka data yangmengandung virus
Berdasarkan Media Penyebarannya


· Penyebaran dengan Media FisikMedia

yang dimaksudkan bisa dengan disket, CD-ROM(Compact Disc Read Only Memory), harddisk, dan sebagainya. UntukCD-ROM, walaupun media ini tidak dapat dibaca tetapi adakemungkinan suatu CD-ROM mengandung virus tertentu, walaupunkemungkinannya kecil, tetapi seiring dengan berkembangnya alatCD-R/CD-RW yang beredar dipasaran maka kemungkinan adanyavirus didalam CD-ROM akan bertambah pula.Untuk saat ini virus jenis ini yang menjadi dominan dari seluruhvirus yang ada. Virus ini akan menular pada komputer yang masihbelum tertular apabila terjadi pengaksesan pada file/media yangmengandung virus yang diikuti dengan pengaksesan file/media yangmasih bersih, dapat juga dengan mengakes file/media yang masihbersih sedangkan di memori komputer terdapat virus yang aktif.


· Penyebaran dengan Media Internet

Akhir-akhir ini virus yang menyebar dengan media sudahsemakin banyak, virus ini biasanya menyebar lewat e-mail ataupunpada saat kita mendownload suatu file yang mengandung virus. Jugaada beberapa virus yang secara otomatis akan menyebarkan dirinyalewat e-mail apabila komputer memiliki hubungan ke jalur internet.

0 komentar: